Kamis, 01 Desember 2011

Cloud Computing

Definisi Cloud Computing : 
Menurut saya Cloud Computing adalah perpaduan antara komputer dengan internet (sering digambarkan dengan awan) dimana teknologi ini adalah teknologi komputer masa depan yang sedang gencar-gencarnya dikembangkan. cloud komputing sendiri lebih memanfaatkan teknologi internet untuk bekerja, jadi dengan kata lain komputer kita akan selalu terkoneksi ke internet untuk mengerjakan sesuatu.
dan menjadi suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server (di internet) dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, dan lain-lain.
 
Manfaat Cloud Computing
  • Skabilitas : dengan cloud computing, ita hanya perlu membayar apa yang kita pakai. Dengan strategi yang tepat, kita dapat membayar lebih murah.
  • Sederhana : perusahaan tidak perlu membeli infrastuktur ataupun perangkat lunak.
  • Vendor Terkemuka : mempunyai kepercayaan lebih terhadap data atau aplikasi yang disimpan.
  • Sunber Daya Optimal : sumber daya perusahaan akan terkonsentrasi pada bisnis, karena masalah data ataupun support dan maintenance software telah diurus oleh provider Cloud Computing.
  • Instalasi Cepat

Prinsip Kerja Cloud Computing
Cloud Computing berakar dari konsep flexibility dan on-demand. Flexibility memungkinkan komputasi menjadi sesuatu yang mudah. On-demand memungkin komputasi dapat dilakukan setiap saat sesuai kebutuhan kita. Prinsip flexibility dan on-demand dimanifestasikan dengan perwujudan komputasi sebagai sebuah layanan (as a service) yang dapat digunakan secara mudah dan fleksibel setiap kali user membutuhkannya. Kemudahan dan fleksibilitas tersebut diperoleh user dengan memanfaatkan akses internet. Oleh karena itu, Cloud Computing menunjukkan adanya sebuah kolaborasi antara teknologi internet sebagai media komunikasi dan informasi dengan teknologi komputasi.

Klasifikasi Layanan Coud Computing
  1. Software as a Service (SaaS), aplikasi atau perangkt lunak yang kita gunakan tersedia di internet. SaaS dapat menjadi pedang bermata dua apabila kita sering menggunakan perangkat linak tertentu.
  2. Platform as a Service (PaaS), dapat men-deploy aplikasi yang kita buat di Cloud. Maksudnya,dapat membuat aplikasi, dan aplikasi tersebut kita host di Cloud Provider.
  3. Infrastructure as a Service (IaaS), pada lapisan infrastruktur ini, seakan-akan kita mempunyai perangkat keras dan segala isinya pada remote server, termasuk perangkat linak didalamnya.
Contoh Perusahaan Pembeli Layanan Cloud Computing
  • Saas
- Google, seperti Google Docs, Gmail, GoogleCalendar, dll.
- Microsoft, seperti Microsoft Office Web Apps, Microsoft Office Communication Online, dll.
  • PaaS
- Google, seperti Google App Engine, Google Web Toolkit, dll.
- Microsoft, seperti Microsoft Windows Live, Microsoft Windows Azure, dll.
  • IaaS
- Amazon Web Service, seperti Amazon Elastic Compute Cloud (EC2)
- Sytap, seperti Skytap Cloud (TM)
- Hexagrid, seperti V3Cloud Reseller Program

Tidak ada komentar:

Posting Komentar