Jumat, 09 Desember 2011

Windows mobile, Symbian, Blackberry, iphone dan Android


BLACKBERRY

Blackberry pertama kali di perkenalkan pada publik pada tahun 1997 oleh perusahaan Kanada,Research In Motion (RIM). Blackberry mempunyai beberapa keunggulan diantaranya adalah layanan push email(dimana email akan terhubung terus di handphone layaknya sms),chatting dengan fitur Blackberry Messengger(BBM),dan Browsing. Fitur-fitur tersebut akan di kompresi sehingga data diterima dengan ukuran libih kecil dan lebih cepat untuk di buka.
Beberapa software yang di gunakan sesuai sistem operasinya ialah :
·         BES(Blackberry Enterprise Server) : Perangkat dari blackberry yang dapat di gunakan oleh jaringan e-mail yang berbasis Microsoft Exchange,Lotus Domino,Novell Group Wise.
·         BPS(Blackberry Proffesional Software) : Di gunakan bagi pengusaha kecil dan menengah,menyediakan berbagai fitur yang di butuhkan karyawan,dalam sebuah paket yang mudah di pasang dan harga yang lebih murah.
·         BIS(Blackberry Internet Service) : Mampu mengintegrasi smartphone dengan 10 akun email yang berbasis post office protocol dan internet message access protocol. BIS juga dapat membuka tambahan data dalam bentuk excel,word,power point,pdf,zig,jpg,gif dengan tingkat kompresi data yang tinggi.
·         Blackberry MDS(Mobile Data System) : menyadiakan alat pengembangan untuk membangun,menyebarluaskan,serta mengatur antara blackberry smartphones dan aplikasi perusahaan


ANDROID

Android adalah salah satu OS ponsel milik google dengan berbasis pada Linux.
Beberapa alasan mengapa Android berpotensi sukses besar :
·         Merupakan platform terbuka,yang berarti bahwa setiap orang dapat mendownload software development kit dan membuat aplikasi untuk Android,sebagian besar bersifat free walaupun adapula yang berbayar,semua ada pada Android Market.
·         Google memiliki reputasi yang sangat baik ketika datang untuk menciptakan perangkat lunak. Perusahaan layanan Gmail,suite onlinenya aplikasi,dan browser Chrome sudah terbukti diterima oleh sebagian besar penggunanya.
·         Software atau aplikasi yang nantinya di buat dapat datang dari google dan dari siapa pun yang memilih untuk membuat aplikasi androidnya. Sebuah perusahaan perangkat mobile juga di beri keleluasaan untuk menggunakan OS ini tanpa adanya lisensi.
Jika kita perhatikan, saat ini banyak vendor smartphone yang beralih menggunakan OS ini.
Kelebihan lain dari OS Android yaitu karena pengembangannya dapat di bilang GRATIS ,maka aplikasinya pun rata-rata GRATIS,sehingga tidak perlu membayar untuk mendownload ataupun menginstall aplikasi Android,dan pemakaian dari OS android  pun terbilang mudah jika di bandingkan dengan OS lainnya,maka dari itu ponsel Android akan lebih murah jika di bandingkan dengan yang sekelas dengannya.

iPhone

Iphone di produksi oleh Aplle Inc. yang memiliki fungsi kamera,pemutar multimedia,sms,dan voice mail. Selain itu juga dapat dihubungkan dengan jaringan internet,untuk melakukan berbagai aktifitas semisal mengirim/menerima email,menjelajah web,dll. Antarmuka dengan pengguna menggunakan layar sentuh multi-touch(layar sentuh kapasif).dengan papan ketik virtual dan tombol.
Beberapa keunggulan dari iphone, diantaranya :
·         Adanya dukungan penuh mengenai software dan aplikasi yang ada di apps store,sehingga sangat memanjakan pengguna dengan berbagai game dan aplikasi terbaik dari Aplle Inc.
·         iPhone memiliki hampir 100 ribu aplikasi yang di jual di iTunes di komputer,maupun di Apps langsung di iPhone.
·         Para pengguna iPhone pun dapat langsung membeli dan mengunduh aplikasi yang di jual di Apps Store,asalkan tidak lebih dari 10MB.
Sistem operasi iPhone adalah versi ringan Mac OS X tanpa berbagai komponen yang tidak di perlukan. Sistem operasi ini memakan ruang kurang lebih sebanyak 250MB dan sistem Operasinya pun dapat di update berkala melalui iTunes secara gratis.

SYMBIAN

Symbian OS adalah sisten operasi yang di kembangkan oleh Symbian Ltd. Yang dirancang untuk digunakan peralatan bergerak(mobile). Symbian OS memiliki antarmuka pemrograman aplikasi API(Aplication Programming Interface). Dengan adanya standar API ini membantu pihak pengembang untuk melakukan penyesuaian atas aplikasi yang dibuatnya agar dapat di install pada produk telepon begerak yang bermacam-macam. Symbian OS sendiri bukanlah software yang bersifat open source secara penuh karena meskipun terdapat ketersedian API dan dokumentasinya, yang banyak membantu pihak pengembang untuk membuat software yang berjalan diatas sistem operasi, aplikasinya dapat di publikasikan untuk umum namun tidak untuk kode source sendiri.
Kelebihan OS symbian, antara lain :
·         Dirancang antara gabungan computer dan ponsel.
·         Symbian bersifat open application inviroment,yang dapat membuat ponsel menjadi sebuah platform bagi pengembang bahasa dan konten.
·         Modul-modulnya mudah diimplementasikan secara fleksibel.
·         Multitasking.
·         Mudah dikembangkan dengan innovasi yang diinginkan.
·         Memiliki kemampuan mengakses data dengan cepat dan menjamin keutuhan data.

Untuk saat ini pengguna symbian yang paling besar adalah Nokia.

Windows Mobile

Windows Mobile adalah salah satu sistem operasi mobile yang di kembangkan oleh Microsoft dan di desain untuk digunakan pada smartphone dan perangkat nirkabel lainnya.
Untuk pengguna OS Windows PC mungkin tidak akan merasa asing bila menggunakan ponsel berbasis windows mobile ini. Sebagian besar fitur tersebut memang dapat dijalankan di ponsel tersebut, misal : Microsoft Office,email,chatting,windows media pleyer,dll.
Tiga software development windows mobile :
·         Windows Mobile jenis standard dipakai untuk non touch screen.
·         Windows Mobile Proffesional dipakai untuk touch screen (layar sentuh).
·         Windows Pocket PC 2000 di bagi menjadi 2 versi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar